[Latest News][6]

Agenda
Bahtsul Masail
Foto
Opini
Syariah
Ubudiyah
Video
Warta

Banser Nalumsari Turut Andil Amankan MQK Nasional




ANSOR, BALEKAMBANG - Salah satu yang mengambil peran besar dalam mendukung sukses Musabaqah Qiraatil Kutub (MKQ) ke-6 tingkat Nasional tahun 2017 di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadi’in, Balekambang, Nalumsari Jepara adalah Barisan Ansor Serbaguna (Banser). Di berbagai sudut ditempatkan sejumlah anggota, untuk membantu pengaturan lalu lintas serta memberikan rasa aman kepada para kiai, pejabat, santri dan masyarakat yang hadir dalam gelaran MQK.

Komandan Satkorcab Banser Jepara, M Abdul Jalal, mengutarakan, pihaknya sudah mempersiapkan jajaran anggota Banser begitu mendengar informasi MQK tahun 2017 akan digelar di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadi’in, Balekambang asuhan KH. Muhammad Makmun Abdullah.

Dia menjelaskan, pada pembukaan MQK, Banser mengerahkan sekitar 700 anggota. ‘’Dan setiap hari selama pelaksanaan MQK, terbagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama bertugas pukul 07.00 – 19.00, sedang kelompok kedua pukul 19.00 – 07.00 dengan 12 petugas,’’ terangnya.

Untuk tugas sehari-hari, lanjutnya, petugas di back up dari lima Satkoryon, yakni Satkoryon Mayong, Satkoryon Nalumsari, Satkoryon Welahan, Satkoryon Kalinyamatan dan Satkoryon Pecangaan.

‘’Sistem tugas terbagi sesuai pos masing-masing. Dalam melaksanakan tugas, anggota di bawah komanda Koordinator Lapangan (Korlap) yang telah Saya tunjuk, yaitu Sahabat Zaenal Anwari, Komandan Satkoryon Nalumsari. Korlap  dibantu dua anggota Provost yang berjaga sesuai dengan jadwalnya,’’ tuturnya.


Rencananya, kegiatan MQK yang diikuti oleh 1.456 santri dari 34 provinsi ini bakal ditutup oleh Sekretaris Jenderal Kementeraian Agama, Prof Dr Noor Syam MA pada Selasa (5/12/2017) malam .
Kegiatan yang dibuka oleh Menteri Agama H. Lukman Hakim Saifuddin pada 29 November lalu ini menyelenggarakan tiga perlombaan pokok dalam MQK. Pertama, lomba membaca, menerjemahkan, dan memahami kitab kuning. Total ada 25 bidang yang akan dikompetisikan dan terbagi dalam tingkatan, yakni ula (dasar), wustha (menengah), dan ulya (tinggi).
Marhalah ula (tingkat dasar), terdiri atas lima bidang lomba, yakni: Fiqh, Nahwu (gramatika Bahasa Arab), Akhlak, Tarikh (sejarah), dan Tauhid. Marhalah ula diikuti santri yang sudah berada di pesantren minimal satu tahun, dan berusia maksimal lima belas tahun kurang sehari.

Untuk marhalah wustha (tingkat menengah), ada sembilan bidang lomba, yakni: Fiqh, Nahwu (gramatika Bahasa Arab), Akhlak, Tarikh (sejarah), Tafsir, Hadis, Ushul Fiqh, Balaghah, dan Tauhid. Bidang ini diikuti para santri yang sudah menetap minimal 1 (satu) tahun di pondok pesantren dengan usia maksimal 18 tahun kurang sehari.

Sedang untuk marhalah ulya (tingkat tinggi), ada 11 bidang lomba. Selain sembilan bidang lomba seperti yang dilombakan pada tingkat menengah, dua lainnya adalah bidang Ilmu Tafsir dan Ilmu Hadis. Marhalah ulya ini akan diikuti santri yang sudah mukim di pesantren minimal satu tahun, dan berusia maksimal 21 tahun kurang sehari.

Kedua, lomba debat konstitusi berbasis kitab kuning. Lomba ini akan menggunakan Bahasa Arab dan Inggris. Diikuti oleh mahasiswa Ma’had Aly. Lomba ini merupakan ikhtiar Kemenag untuk memberikan jawaban atas pertanyaan tentang nasionalisme dalam Islam.

Baca: Jateng Juara Umum MQKNasional 2017

Ketiga, eksibisi. Yaitu pertunjukkan atraktif tentang nazham kitab populer di pondok pesantren yang diisi oleh Tim (maksimal 5 orang) dari setiap kafilah. Nazham yang akan ditampilkan antara lain dari kitab  Alfiyah Ibn Malik (kitab berisi 1000 bait syair tentang ilmu gramatika Bahasa Arab).

Selain kegiatan pokok tersebut, ada sejumlah kegiatan penunjang yang digelar di lokasi MQK. Kegiatan penunjang sifatnya tidak dilombakan. Kegiatan itu adalah Halaqah Pimpinan Pondok Pesantren, Sarasehan dan Musyawarah MQK, Bazar dan Pameran Produk Pondok Pesantren, Diskusi Kepesantrenan dan Kitab Kuning, Pentas Seni kaum santri. Pembukaan MQK N VI sendiri, dimeriahkan dengan penampilan tarian ratu Kalinyamat. (Kharis)

Tentang GP Ansor Ranting Nalumsari

Gerakan Pemuda Ansor Ranting Nalumsari Jepara.

Mulai mengetik dan tekan Enter untuk Cari