[Latest News][6]

Agenda
Bahtsul Masail
Foto
Opini
Syariah
Ubudiyah
Video
Warta

Banser NU dan Kokam Muhammadiyah Bersatu di Prambanan



ANSOR, YOGYAKARTA - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Nahdlatul Ulama (NU) dan Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda (Kokam) Muhammadiyah bersatu menggelar Apel Kebangsaan Kebangsaan  di Pelataran Candi Prambanan pada Sabtu (16/12/2017).

Menpora Imam Nahrawi memberikan apresiasi atas prakarsa dua sayap pemuda ormas terbesar ini. "Kegiatan ini diharapkan menjadi wadah bagi pemuda tanah air yang berani bersatu menatap keutuhan NKRI dalam bingkai ragam agama, budaya, etnis karena ini adalah kekayaan bangsa Indonesia," kata Imam sebagaimana dilansir NUONLINE.

Acara ini diikuti oleh 20.000 anggota Banser dan Kokam. Selain apel kebangsaan,  pada acara yang mengangkat tema Pemuda Hebat Jaga Bumi ini juga ada beberapa kegiatan lain seperti olahraga, pelepasan pemuda tanggap bencana, gerakan menanam pohon dan lain sebagainya.

Diharapkan, inisiasi silaturahmi ini sebagai upaya mendorong adanya ikatan hati dan membangun pemahaman bersama di antara pemuda Islam tanah air berjalan baik sebagai jawaban atas ujaran kebencian, saling hujat yang ada, dan menggembirakan perbedaan untuk menyatukan.

Wakil Ketua PP GP Ansor Hasan Sagala menyampaikan, GP Ansor selalu mendukung Kemenpora dalam rangka menyatukan seluruh pemuda Indonesia. "Dengan adanya Apel Banser dan Kokam ini sangat menginspirasi dan menyampaikan pesan sejuk pada kedamaian bangsa Indonesia khususnya dan seluruh umat Islam sedunia pada umumnya," kata Hasan.

Baca: Ansor dan PemudaMuhammadiyah Jepara Siap Sukseskan Pilgub Jateng

Kegiatan ini adalah bentuk ukhuwwah Islamiyah dan kerukunan intern umat termanifestasi dalam kebersamaan pemuda NU dan Muhammadiyah sebagai elemen terbesar banga. sementara, tempat di Prambanan sebagai manifestasi kerukunan antarumat beragama.

Acara yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo ini didukung dan difasilitasi oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI. Presiden Joko Widodo bertindak sebagai Pembina Upacara dalam apel tersebuut. Presiden menyampaikan bahwa kedatangannya ke Yogyakarta hanya satu agenda, yaitu menjadi inspektur upacara dalam acara ini.

"Bagi saya semangat acara ini menjadi pondasi kedamaian di Indonesia," tegas Presiden.

Jokowi menambahkan, karena ukhuwah Islamiah,  Wathaniyah, dan Basariyah (persaudaraan kemanusiaan), Islam yang toleran di Indonesia menjadi inspirasi bagi dunia.

"Sebagai pewaris darah juang para ulama, KH Hasyim Asy'ari dan KH Ahmad Dahlan kita harus mencontoh mereka sebagai pejuang yang menciptakan Islam yang rahmatan lil alamin di Indonesia ini," jelas Presiden. 

Baca: Prambanan Jadi SaksiSejarah Bertemunya Banser NU dan Kokam Muhammadiyah

Menpora Imam Nahrawi dalam laporannya menyampaikan, tema Pemuda Hebat Menjaga Bumi dipilih untuk menegaskan komitmen pemuda Indonesia menjaga bumi Indonesia, NKRI tercinta agar tetap lestari untuk kebaikan generasi, secara ideologis dan juga ekologis.

"Perbedaan agama, suku, ras, dan budaya tidak akan mengurangi komitmen persatuan sebagai negara-bangsa yakni satu bangsa, satu nusa, satu bahasa: Indonesia," tegas Imam. (Kharis)

Tentang GP Ansor Ranting Nalumsari

Gerakan Pemuda Ansor Ranting Nalumsari Jepara.

Mulai mengetik dan tekan Enter untuk Cari