[Latest News][6]

Agenda
Bahtsul Masail
Foto
Opini
Syariah
Ubudiyah
Video
Warta

Menjaga Kelestarian Lingkungan, Fatayat NU Nalumsari Memulai Pelatihan Vertical Garden





NALUMSARI – Dalam rangka berupaya menjaga lingkungan sehat dan kesehatan fisik, Pimpinan Ranting Fatayat NU Desa Nalumsari Jepara mengadakan pelatihan Vertical Garden. Kegiatan bercocok tanam di lahan terbatas dilaksanakan pada Ahad (19/1/2020) di aula balai desa Nalumsari.

Diikuti sekitar 60 kader fatayat Nalumsari ini menghadirkan aktivis Lembaga Pengembagan Pertanian NU Kudus, KH. Imam Fathoni. Dalam kesempatan tersebut kyai Imam Fathoni menegaskan, bahwa bercocok tanam di lahan sekitar rumah akan membantu lingkungan kita semakin hijau dan baik. Kehadiran pohon dan tanaman akan semakin membuat lingkungan sehat.
Apalagi, di lahan pedesaan kini juga semakin sempit lahan karena sudah semakin banyaknya penduduk dan bangunan rumah. Oleh karenanya kesadaran penghijauan dan bercocok tanam seyogyanya dimulai dari ibu-ibu muda generasi Nahdliyyin ini.

Kyai Fathoni menambahkan, kader Fatayat sangat penting memiliki peran dan memberi edukasi pada masyarakat untuk sadar hidup bersih dan sehat. Melalui pelatihan vertical garden, fatayat didorong untuk menanam kebutuhan sayur mayur yang dikonsumsi sendiri. “Sayur mayor yang ditanam sendiri akan terhindar dari obat-obat kimia dan pestisida,  sehingga akan lebih sehat bagi tubuh,” jelas kyai Fathoni.

Dalam kesempatan tersebut Kyai Fathoni mengupas tuntas berbagai ilmu dan pengalaman terkait cara bertanam pada lahan sempit. Teknik dan praktek pengolahan tanah untuk penyemaian benih, tata cara menanam mulai dari benih sampai penanaman bibit juga menjadi materi sekaligus langsung dipraktikkan. Usai pelatihan, masing-masing peserta menerima beberapa bibit sayuran untuk langsung diprakltikkan di pekarangan rumah masing-masiang.  

Ketua PR Fatayat NU Nalumsari Unzafiroh mengatakan pelatihan ini bertujuan mewujudkan alternatif  ketahanan pangan organik dan pelestarian tanaman sehat untuk anggota  Fatayat. “Berawal dari makanan yang kita konsumsi minimal tidak terkontaminasi dengan zat-zat kimia. Karena sehat itu mahal, jadi butuh proses untuk menjaganya,” ujarnya. (kha)

Tentang GP Ansor Ranting Nalumsari

Gerakan Pemuda Ansor Ranting Nalumsari Jepara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mulai mengetik dan tekan Enter untuk Cari